Monday, October 02, 2006

Perlupuhan I

Tiap kali menyinggung masalah perpuluhan, hampir semua umat tersenyum yang gw nggak paham artinya. Gw sih ikut senyum juga. Bahkan Pak Eriel selalu bilang, kalau baca ayat yang berhubungan dengan perpuluhan; orang maunya cepat-cepat ... Hehehe ....

Awalnya, gw pikir gila juga ya kalo gw harus menyisihkan 10% dari pendapatan gw buat perpuluhan; sementara hidup gw aja masih susah gitu. Dengan yang 100% aja masih pusing 7 keliling buat ngaturnya. Apa lagi kalo tiba-tiba dikurangi 10% dan jadi 90% yang dibagi-bagi? Bisa makin mumet kali yaa ...?

3 minggu lalu gw hampir melotot saat gw liat warta, ada seorang manusia biasa yang memberikan perpuluhan senilai 35 juta. Busyeeeeet ... Ngeri banget kayaknya. Trus, Kamis lalu ...; gw juga sampe sedikit nahan nafas karena lagi-lagi ada manusia biasa yang memberikan perpuluhan 43 juta! Itu kan bukan jumlah yang sedikit.

Saat gw berhalo-halo dengan Aldiku tersayang, gw menyempatkan cerita tentang perpuluhan manusia biasa tanpa nama itu. Dan gw jadi banyak tanya sama dia, sampe dia sebel sendiri sama pertanyaan gw.

Lalu gw berusaha mencari tau, siapa manusia tanpa nama itu dan gw liat rumah dan isinya; gw pikir ... ya pantes lah kalo dia kasih perpuluhan berpuluh-puluh juta. Lha wong hidupnya aja udah berkecukupan banget! Semua barang yang ada di rumahnya juga dari brand internasional. Kalo selama ini, orang yang gw liat pake merek Givenchy buat parfum, baju, tas ... tapi di rumah orang kaya yang sederhana ini handuk kecil di toiletnya pake brand yang diciptakan oleh Hubert James Taffin de Givenchy yang mulai dikenal Tahun 1952 itu. Kalo handuk di toiletnya aja bermerek Givenchy, gimana yang lain ya ???

Trus, gw tanya sama orang itu; gimana caranya dia bisa mengikhlaskan uang yang berpuluh-puluh juta itu untuk disumbangkan. Dia menjawab singkat, "Ada banyak keajaiban di balik perpuluhan! Saat kamu memberikan perpuluhan, tanpa kamu sadari berkat Tuhan akan datang dan nggak pernah kamu bayangkan sebelumnya."

Gampangnya, kalo kita ikhlas memberikan apa yang kita punya kepada yang membutuhkan pasti ada aja balasan dari Tuhan buat kita. Apalagi kalau kita mempersembahkan apa yang kita punya buat Tuhan!

Tanpa bermaksud berharap imbalan berkat dari Tuhan, gw mencoba untuk ikut memberikan perpuluhan dari apa yang gw terima. Jumlahnya kecil banget kalo dibandingin sama orang kaya itu. Bagaikan siang dan malam bahkan! Tapi, yang penting kan gw mulai melakukan sesuatu yang baik untuk gw persembahkan pada yang memberikan gw hidup. Toh selama ini, sering banget gw mengeluarkan uang nggak penting yang jumlahnya mungkin lebih banyak dari perpuluhan yang harus gw sisihkan itu ...

Dalam waktu beberapa hari setelah gw menyerahkan perpuluhan itu, gw menerima banyak tawarin menulis freelance sampe gw jadi bingung sendiri milihnya. Padahal, udah lumayan lama gw sepi kerjaan lepas seperti ini. Kalo gw gokilnya keluar sih, maunya gw ambil semua ... tapi nggak mungkin lah karena gw juga udah nggak sekuat dulu fisiknya. Begadang jam 2 aja udah tepar besoknya. Kalo dulu sih jaman gw masih muda ... :p dari pagi ketemu pagi nggak tidur sih ayuuuukkk aja ... Sekarang sih nggak bisa ...

Tadi gw sempet berpikir, kenapa mendadak banyak tawaran nulis freelance yaa? Padahal udah lama banget nggak ada yang nawarin. Dan gw jadi teringat akan perpuluhan itu, gw juga teringat cerita manusia tanpa nama yang ngasih puluhan juta itu ...

Banyak cara Tuhan membantu kita, banyak keajaiban yang udah gw rasain dalam hidup gw ...
Singkat kata, selalu ada berkat saat kita berbuat baik pada sesama, apa lagi kalo kita secara sadar dan tulus memberikan persembahan yang cuma 10% itu kepadaNya. Berapa pun nominalnya, 10% itu nggak ada artinya kalo dibandingkan dengan apa yang udah Tuhan kasih buat gw dan buat kita semua.

Tuhan kan nggak pernah pelit, jadi ya jangan pelit juga dunk sama Tuhan ... Yuk, kasih perpuluhan mulai sekarang. Semoga, kita semakin diberkati dan dilimpahi anugerah-anugerah terbesar yang nggak pernah kita bayangkan sebelumnya. Nggak perlu bingung, yakin deh masih ada berkat hari ini, besok dan seterusnya ...

1 Comments:

Blogger porongwei said...

thx buat postingnya.luarbiasa memberkati gw.jujur dah lama gw tdk pernah kasih perpuluhan.dengan postingan gw sadar gw telah mencuri bagian Tuhan.thx.n GBU

4:06 PM  

Post a Comment

<< Home