Monday, July 10, 2006

Ucapkan Salam

Ini menurut gw lho ... Kalo salah yaa maab ...

Ucapan salam seperti ASSALAMU'ALAIKUM atau SYALOM atau PROFICIAT (salam dalam Katolik) yang sering diucapkan saat menerima telepon, saat berjumpa dengan handai tolan; sudah biasa dan seperti sudah sama sepeti ucapan Selamat Pagi/Siang/Sore/Malam meskipun jika dilihat dari makna ucapan salam amat berbeda, karena salam di sini memiliki makna yang mendalam.

Ucapan Assalamu'alaikum merupakan ungkapan yang menggambarkan bahwa antara si pemberi salam dan yang diberi salam tidak ada masalah apa pun. Yang ada hanya perasaan cinta, persahabatan, dan persaudaraan. Ucapan salam memang kelihatannya sederhana, tapi siapa nyana di balik kesederhanaannya itu mengandung hikmah dan keutamaan yang agung. Beberapa di antara hikmah dan keutamaan salam adalah karena salam merupakan perintah Allah SWT dan Rasul-Nya.

Kata Syalom jika diterjemahkan menjadi damai, selamat dan sejahtera. Syalom pun dapat diartikan sehat walafiat, panjang umur, terhindar dari bahaya atau hidup rukun dengan orang lain. Jika disimpulkan syalom dapat berarti keadaan sentosa dan sejahtera dalam hidup sehari-hari. Syalom bukan perasaan, melainkan keadaan. Syalom bukan urusan hati seorang individu, melainkan urusan hidup bersama secara komunal dan universal. Syalom bukan hanya diharapkan melainkan juga diusahakan. Kita terpanggil mengusahakan syalom untuk orang lain, bahkan untuk masyarakat luas.

Begitu pula dengan Proficiat. Umat Katolik menyebutkan kata selamat, damai dan sejahtera kepada sesama dengan kata ini. Proficiat pun diucapkan dengan penuh rasa cinta pada sesama. Proficiat pun dapat diartikan sebagai pemberi semangat, seperti chayo ... tetap semangat!

Terlepas dari arti masing-masing, inti ketiganya adalah doa singkat yang baik bagi sesama.

Jadi, ucapkanlah salam kepada semua orang yang kita jumpai. Ada doa di sana; pastikan kita menerima pahala dan berkat dari Yang Maha Kuasa.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home