Sunday, July 09, 2006

Ucapkan Kata AMIN dengan Penuh Kesadaran

Aku bukan mo cerita soal Si Amin tapi aku mo ngomong soal arti kata AMIN yang hampir tiap saat semua manusia sebutin usai berdoa.

Amin artinya banyak banget ...
Tapi menurut aku sih arti singkatnya adalah KABULKAN DOAKU/DOA KAMI YA TUHAN. Begitu kira-kira.

Dalam Islam, dibedakan antara pengucapan amin dan aamiin. Ada yang berpendapat, aamiin berarti Ya Allah Kabulkanlah. Sementara kata amin merupakan gelar. Rasululloh SAW mempunyai gelar Al Amin. Jadi, konon kabarnya; kalau salah melafalkannya bisa-bisa doa yang dipanjatkan nggak terkabul! Nah lho ...

Tapi, ada sumber lain yang menyebutkan aamin artinya Grace of God atau Tuhan Yang Maha Pemurah.

Di Masjidil Haram (atau Mekah pada umumnya) , kata amiin diartikan kabulkanlah.

AMIN juga diartikan sebagai doa pujian yang diucapkan oleh pemimpin ibadat (di Synagoga, tempat doa agama Yahudi).

Dalam tradisi rabinis (guru-guru Yahudi), AMIN berarti jawaban apa yang dikatakan oleh orang lain, mungkin seperti mengamini atau setuju gitu ...

Menengok ke Alkitab, kata AMIN diartikan untuk menguatkan pernyataan doa/harapan seseorang (dalam PL) sedangkan di dalam PB, kata AMIN ada 126 kali diucapkan oleh Yesus yang diartikan BENAR atau YAKIN. Pada kitab Wahyu pun dijelaskan bahwa Yesus juga memiliki gelar AMIN yang diartikan saksi yang setia dan benar.

Melihat dari banyaknya arti yang ada; Jadi, kalau mengucapkan kata AMIN; harus dengan penuh kesadaran, jangan main-main.

*** dihimpun dari berbagai sumber oleh lady asther

0 Comments:

Post a Comment

<< Home