Sunday, July 09, 2006

Khotbah

Ngomong-ngomong soal khotbah ..., ternyata khotbah itu ada ilmunya lho ... !

Seorang ulama, pendeta, pastor, biksu atau pedanda ... wajib lulus mata kuliah yang satu ini. Soalnya sebagai pengkotbah, seorang ulama, pendeta, pastor, biksu atau pedanda harus jadi "Si Mulut Emas" (pandai merangkai kata, artikulasi jelas, menyampaikan isi khotbah dengan lugas).

Mau pakai bahasa yang agak "pujangga" juga boleh, karena gaya khotbah bertautan (retorik) udah mulai ditinggalkan alias kuno!

Masalah gaya khotbah pun bisa jadi polemik, padahal itu kan cuma masalah gaya aja! Misalnya aja, pada salah satu situs, disebutkan bahwa kotbahnya Aa Gym seperti gaya khotbahnya pendeta. Maaf yaa ..., menurut aku sih, di mana letak kemiripannya ya? Perasaan, gaya khotbahnya sama dengan ulama-ulama Islam lainnya, jika seorang Kyai punya style dalam berdakwah itu memang ciri khas yang bersangkutan; yang penting khotbahnya bisa dinikmati dan nyampe ke hati dan pikiran orang yang dikasih ceramah.

Menurut aku juga niy ..., mending jangan nyela khotbah bikin boring atau malah menyemangati; soalnya ... buat bisa khotbah itu susah lho ... !!!

Harus apal ayat-ayat kitab suci udah pastina ..., trus harus pandai merangkai kata agar umat nggak bosen, diselipin lelucon yang kudu up to date biar menunjukkan kualitas si pengkhotbah (ga lucu juga kan, kalo leluconnya jadul atau cuma bisa dinikmati oleh kalangan tertentu aja ...), selain itu juga ..., harus memperhatikan eye contact dengan umat yang ada di hadapannya.

Kalo masalah gaya khotbah yang kalem, meledak-ledak, itu sih cuma masalah gaya aja ... Yang penting, isi khotbahnya nyampe ke umat yang ada di hadapannya.

Buat Anda yang ingin khotbah, jangan coba-coba sebelum lulus kelas khotbah ..., bisa-bisa orang yang Anda beri khotbah malah ngantuk!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home