Saturday, July 29, 2006

BeeeeTeeee ....

Catatan Kamis dan Jum’at Kelabu Dalam Hidup Gw …

Baru kali ini gw ngerasa pengin mati. Gw sampe ngerasain badan gw gemetar dan lemes banget. Dari semalem gw udah nangis kayak orang gila karena nenek gw lagi-lagi kambuh sakit jantungnya, ditambah sesak nafas dan levernya yang bengkak. Selalu kambuh bersamaan cuma karena Beliau nggak mau berenti merokok!

Dari semalem gw udah abis pulsa 100 rb buat cari pinjeman uang buat bawa Beliau ke dokter dan tanpa hasil.

Tapi malemnya, gw bisa tidur nyenyak karena gw capek nangis. Baru kali ini gw ngerasa capek banget hidup. Gw bosen sama masalah yang itu-itu lagi.

Banyak orang yang terheran-heran karena gw harus pontang-panting cari utangan sana-sini. Ya gimana nggak kalo gw harus berjuang sendirian? Ga enak banget yaa jadi anak tunggal dan nggak punya apa-apa. Kebetulan juga nyokap gw anak tunggal, jadi lah semua penderitaan ada pada diri gw. Cuma gw yang diandalkan untuk membantu nenek gw. Kenapa yaa keponakan-2nya pada ga mau bantu dan ga peduli sama sekali?

Mungkin beda halnya kalo gw anak tunggal, yatim piatu dan punya banyak warisan. Tapi ini nggak, andalan gw ya cuma gaji tok! Bulan lalu nganggur, baru juga kerja 5 hari, lha gaji dari mana? Pikir-pikir, kalo begini terus, gw mending mati aja deh! Gw malu sama banyak orang, gw capek banget berusaha mati-matian sementara nenek gw pun nggak bantu gw untuk berhenti/ngurangin merokok kan?

Dalam keadaaan spt ini gw iri sama mereka di luar sana yang berlebih uang, sementara gw di sini buat bawa nenek gw ke dokter atau buat masukin nenek gw ke rumah sakit aja musti bingung cari pinjeman ke sana ke sini. Sampe kapan ya gw musti begini? Mungkin sampe nenek gw sadar? Tapi kapan? Kapan gw bisa bebenah diri gw sendiri kalo Beliau selalu kambuh dan kambuh cuma karena nggak mo berenti ngerokok ? Yang ada sampe gw mati gw cuma kerja buat bayar utang-utang biaya dokter dan RS aja!

Tapi gw bersyukur, gw punya teman yang baik seperti Lucky misalnya. Dia yang rela minjemin gw HP sejak gw nggak punya HP. Dan Lucky selalu bilang, itu gunanya teman; berbagi di kala susah, bukan cuma seneng aja bisa berbagi.

Kemarin pagi ini, saat bangun tidur gw nggak lupa berdoa buat ucapin terima kasih atas penjagaan Tuhan dari malam hingga pagi hari. Makasih karena gw masih hidup, tapi bersamaan dengan itu gw juga mengeluh sama Tuhan, kenapa gw nggak mati aja? Karena pas bangun gw ngerasa capek banget ..., pas inget masalah gw.

Tapi setelah itu pun gw masih tetap berdoa minta bantuan sama Tuhan biar gw bisa keluar dari masalah ini. Seperti biasa, gw berharap akan ada lagi mujizat hari ini karena Tuhan sayang sama gw.

Sampe sore gw nggak bisa makan saking stressnya. Saat badan gw mulai ngegereges dan gemeter, gw malah kepikiran gw bakal mati beneran! Tapi ternyata gw masih idup ...

Sumpah! Gw malu banget karena berkali-kali gw ditolak karena mo pinjam uang sama temen-temen gw. Ga tau mereka ga mo kasih, ga tau emang lagi ga ada atau apa; gw nggak ngerti. Dalam hati gw cuma bisa berdoa, supaya ada yang mau menolong gw, siapa pun itu dan gw minta Tuhan membantu gw dengan caranya sendiri, seperti biasa!

Tapi rasanya hari ini nggak berpengharapan banget ... Semua usaha sia-sia ...
Dalam keadaan seperti ini gw makin tau siapa teman yang baik dan siapa yang nggak baik. Bukankah teman yang baik akan menolong temannya yang dalam kesulitan? Tapi di sini masalahnya adalah mau menolong apa nggak. Banyak di antara mereka yang mau nolong tapi nggak ada uangnya. Tapi ada juga yang ada uang tapi nggak mau nolong. Ya tapi gw nggak boleh protes, itu kan hak mereka mo nolong gw apa nggak.

Saat gw merasa hilang harapan, Tuhan menunjukkan kuasaNya. Paling nggak, hari ini gw udah tertolong untuk membawa nenek gw ke rumah sakit dan beli obatnya. Tuhan mengetuk hati Tita teman gw di Yogyakarta untuk membantu, juga Mbak Nia Daniaty dan Jeunk Maya; keduanya mantan bos gw. Jumlahnya emang nggak memungkinkan untuk Beliau dirawat inap, tapi udah cukuplah buat bayar taxi, bayar dokter dan beli obatnya. "Terima kasih ya Tuhan, semoga ini yang terakhir. Aku udah kehilangan muka sama teman-teman. Andai ini terjadi lagi, aku nggak tau musti minta tolong siapa lagi? Teman memang banyak, tapi yang mungkin bisa dimintain tolong ya itu-itu aja, teman sekedar numpang lewat nggak bisa diharap juga!"

Sebelum gw menutup hari kemarin, gw masih minta tolong Tuhan supaya Dirly nggak pulang. Itu janji gw sama Dirly, gw nggak dukung dia via sms tapi gw bantu doain dia supaya dia masuk 2 besar. Udah 2 minggu ini, doa gw dikabulin. Dirly nggak pulang. Dan gw senang karena Nobo yang congkak itu akhirnya pulang tadi malam. Makanya, jangan bermegah diri dong!

Sekarang gw mo tidur. Gw ngantuk dan capek banget ... I have a bad day dengan tingkat stress yang tinggi. Belum lagi untuk menghadapi hari Senin, gw masih harus berjuang menyelesaikan pembayaran sisa RS yang lalu, 7.5 juta lagi. Nggak tau juga ya uang dari mana. Semoga masih ada berkat hari ini dan besok.

"Bantu aku ya Tuhan, mampukan aku untuk menghadapi semuanya. Aku percaya Engkau akan menolongku untuk melihat mujizatMu terjadi dalam setiap cerita hidupku walau seburuk apa pun juga. Aku memintaMu bekerja di dalam langkahku. Lindungilah kehidupanku dan berilah petunjuk kepadaku supaya berada di jalan yang lurus walau dalam kesulitan terberat sekali pun. Bantu juga nenek aku untuk berubah; berhenti merokok dan sembuhkanlah ia dari penyakitnya serta agar Beliau tidak egois. Amin."

0 Comments:

Post a Comment

<< Home